25 September 2025, 23:07 WIB
![]() |
Siswa Merangkai Diorama Pengaruh Karakteristik Wilayah (Sumber:Dokpri) |
Pada pembelajaran IPS Kelas VII sub materi konektivitas atar ruang, siswa pada langkah awal pembelajaran diharapkan mampu memahami faktor-faktor terjadinya konektivitas antar ruang.
Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi konektifitas antar ruang adalah adanya perbedaan karakteristik wilayah yang kemudian berpengaruh terhadap mata pencaharian penduduk dan sumber daya alam.
![]() |
Siswa Menempelkan Jenis Mata Pencaharian Penduduk Sesuai Karakteristik Wilayah (Sumber:Dokpri) |
Perbedaan mata pencaharian dan sumber daya alam itulah yang kemudian mengakibatkan terjadinya konektifitas antar ruang karena adanya kebutuhan untuk saling melengkapi.
Maka dari itu untuk memudahkan pemahaman siswa dalam
mempelajari faktor terjadinya konektifitas antar ruang saya menggunakan media pembelajaran berupa diorama
pengaruh karakteristik wilayah terhadap mata pencaharian.
![]() |
Siswa Menuliskan Hasil Identifikasinya Terkait Jenis Pekerjaan Berdasarkan Karakteristik wilayah di Buku Catatan (Sumber: Dokpri) |
Adapun cara menggunakan media pembelajaran diorama pengaruh
karakteristik wilayah terhadap mata pencaharian adalah sebagai berikut.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa.
- Siswa diberikan media pembelajaran berupa diorama pengaruh karakteristik wilayah terhadap mata pencaharian.
- Siswa merakit media pembelajaran diorama pengaruh karakteristik wilayah terhadap mata pencaharian bersama kelompok.
- siswa melakukan identifikasi mata pencaharian (pekerjaan) penduduk berdasarkan karakteristik wilayah.
- siswa menuliskan hasil identifikasinya di buku catatan.
- Guru melakukan umpan balik dan refleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
Berikut media pembelajaran diorama pengaruh karakteristik wilayah terhadap mata pencaharian: unduh pdf
Terimakasih sudah memberikan masukan dan saran
EmoticonEmoticon